Tuesday, 13 January 2009

Mobilitas Sosial

MOBILITAS SOSIAL

a. Pengertian

Kata mobilitas berasal dari bahasa Latin, yaitu mobilis yang artinya mudah dipindahkan atau banyak bergerak. Pada dasarnya mobilitas dalam setiap masyarakat tergantung pada dua aspek struktur sosialnya. Pertama setiap orang akan tidak akan dapat berpindah keposisi lebih baik jika memang tedak ada posisi yang diperuntukkan baginya. Kedua, dalam rangka berpindah ke posisi yang lebih baik, setiap orang harus memiliki karakteristik, dan kemampuan untuk memasuki status tersebut.

Mobilitas kemungkinan dapat terjadi misalnya ketika suatu Negara mengalami industrialisasi. Hal ini dapat terlihat pada masyarakat Amerika Serikat dan masyarakat modern lainnya. Berbeda dengan masyarakat feudal, di mana “tangga” kesuksesan dalam masyarakat tersebut hanya mungkin dinaiki oleh masyarakat kelas atas. Dalam masyarakat industri, masyarakat kelas bawah dapat mengalami perkembangan dan kemungkinan mereka untuk naik menjadi masyarakat kelas menengah.

b. Jenis-jenis Mobilitas Sosial

Berdasarkan kedua definisi di atas mobilitas social terdiri dari dua jenis, yaitu mobilitas social horizontal dan mobilitas social vertical. Kedua jenis mobilitas tersebut masing-masing memiliki dua macam bentuk, yaitu mobilitas intragenerasi dan mobilitas antargenerasi.

1) Mobilitas Sosial Horizontal

Mobilitas social horizontal adalah perpindahan kedudukan secara mendatar atau dalam lapisan yang sama atau sederajat. Dengan demikian,mobilitas social horizontal memiliki ciri utama, yaitu bahwa lapisan social yang ditempati tidak mengalami perubahan. Mobilitas social horizontal memiliki dua macam bentuk, yaitu sebagai berikut.

a) Mobilitas horizontal antargenerasi, yaitu mobilitas yang terjadi dalam dua generasi, misalnya antara ayah dan anak

b) Mobilitas horizontal intragenerasi, yaitu mobilitas yang terjadi dalam diri seseorang atau dialami oleh orang itu sendiri atau kelompok individu dalam generasi yang sama.

2) Mobilitas Sosial Vertikal

Mobilitas social vertical adalah perpindahan kedudukan dari yang rendah ke kedudukan yang lebih tinggi atau sebaliknya dari kedudukan yang lebih tinggi ke kedudukan yang lebih rendah.

Mobilitas social vertical yang naik (social climbing/upward mobility), mempunyai dua macam bentuk, yaitu sebagai berikut.

a) Masuknya individu-individu yang memiliki dedudukan rendah ke dalam kedudukan yang lebih tinggi, di mana kedudukan yang telah ada.

b) Pembentukan suatu kelompok baru, kemudian di tempatkan pada derajat yang lebih tinggi dari kedudukan individu-individu pembentuk kelompok tersebut.

Mobilitas social yang menurun (social-sinking/ downward mobility)

a) turunnya kedudukan individu ke dudukan yang lebih rendah derajatnya.

b) Turunnya derajat sekelompok individu yang terwujud dalam bentuk disintegrasi (perpecahan) dalam kelompok dalam kesatuan.

No comments:

Hawk Advertising

Terima Pemesanan :

ID Card,Undangan, Shooting Video, Banner, Spanduk, Stiker, Blanko, Seragam Kantor, Pengadaan Komputer, Maintenance.

Dan Kebutuhan Kantor lain nya.

Anda Pesan Besok kami Antar (Untuk daerah Surabaya dan Sekitarnya)

Hub : 0856 4999 8 555 / arianto.sam@gmail.com