Saturday 14 June 2008

Meresensi

Meresensi

Pendahuluan

Judul : Membuat tanaman cepat berbuah

Penulis : Dra. Wisnuwati

Penerbit : PT. Balai Pustaka

Tahun Terbit : 2000

Cetakan ke : Tiga

Tebal buku : 0.2 cm dan 32 halaman

Isi

v Ulasan tentang judul / tema buku :

Menurut kalimat dari judul “Membuat tanaman cepat berbuah” kurang efektif. Judul tersebut kurang menarik minat pembaca, mungkin bila judul diubah menjadi “Berbuah ? cepat Kok !” mungkin judul itu lebih menarik. Namun dari tema yang diberikan pada buku itu, peminat atau penggemar tanaman dapat diambil hatinya.

v Paparan / gambaran isi buku :

Paparan / gambaran isi buku dengan acuan daftar isi sudah sangat lengkap bahkan semua judul yang ada dalam isi buku, dimasukkan dalam daftar isi sudah sangat tepat.

v Informasi tentang latar belakang penulis buku

Pada buku ini hanya dituliskan nama penulis buku. Buku ini tidak mencantumkan latar belakang dari penulis buku tersebut, yang terdapat pada buku tersebut hanya latar belakang penerbit.

v Gaya penulisan

Gaya penulisan sangat benar, buku ini menuliskan dengan gaya dan bahasa sesuai kaidah bahasa dan sastra Indonesia. Gaya penulisan pun tidak terpengaruh dengan gaya yang modern, yang sekarang sering di modifikasi berbeda-beda namun buku ini tidak. Buku ini gaya penulisannya mudah dipahami semua kalangan, tidak ada penulisan yang salah.

v Perbandingan buku denga buku lain yang bertema sama

Buku ini memang sudah termasuk baik. Mempunyai saran-saran yang banyak untuk pembaca agar cepat mendapat hasil yang maksimal. Langkah, tujuan, cara penyampaian, bahasanya juga halus. Namun jika dibandingkan dengan buku yang berjudul “Memperlebat buah-buahan secara cepat” Oleh Drs. Srijono, B.Sc dan Drs. Saptomo Djanu Ismoko terbitan PT. BALAI PUSTAKA, buku ini sangat kurang. Karena pada buku kedua itu mempuyai kelengkapan pada langkah memperbanyak buah yang berbeda-beda sesuai jenis buah tersebut. Jadi pada dasarnya buku ini baik, namun jika dibandingkan buku yang lain buku ini masih perlu perbaikan lagi. Contohnya : pada buku satu dijelaskan cara mempercepat tanaman berbuah. Padahal tanaman berbuah ada 2 macam generatif dan vegetatif, itu yang dijelaskan pada buku kedua dan tidak terdapat pada buku Ke satu. Namun disamping itu, buku Ke satu juga mempunyai kelebihan yaitu mempunyai cara yang lebih banyak dari pada buku Ke dua, yaitu pemupukan, pengairan, pemberian hormon, dan pemanenan serta kontinuitas pembuahan yang tidak terdapat pada buku Ke dua.

v Penutup

Penilaian kualitas buku secara keseluruhan sudah baik, dari cara informasi. Langkah, cara, ulasan, gaya bahasa dan tulisan. Namun ada beberapa hal yang terlewatkan dari penulis, namun bisa dimaklumi karena semuanya tidak ada yang sempurna termasuk buku ?

v Penilaian kelebihan dan kelemahan buku adalah pada perbandingan buku lain. Kelebihan buku ini cara dan langkah lengkap namun faktor yang menyebabkannya, manfaatnya kurang jelas, namun secaara keseluruhan buku ini jika dibandingkan buku lain hanya kurang 20% dari kesempurnaan.

v Kritik dan saran penulis :

· Latar belakang penulis harap dijlaskan. Siapa dan apa profesi penulis, karena sebagai pembaca kami juga memperhatikan siapa yang memberi arahan dan langkah. Apakah efektif atau tidak langkah tersebut. Kami tidak akan tau jika penulis tidak dijelaskan.

· Penulis hendaknya lebih memperhatikan pada manfaat-manfaat yang tidak dijelaskan pada buku.

· Kritik sebenarnya hanya pada kesempurnaan, mohon lebih diperhatikan.

v Pertimbangan pembaca untuk membaca, membeli, dsb. Tergantung pada judul dan tema (yang utama) dan selanjutnya pada isi. Menurut saya buku ini hanya menarik minat para penggemar tanaman, bukan semua pembaca. Karena buku ini kurang menarik dari judul, segi cover, dan lain-lain.

v Saran bagi penerbit hanya pada pemilihan gambar cover dan kertas yang digunakan.


No comments:

Hawk Advertising

Terima Pemesanan :

ID Card,Undangan, Shooting Video, Banner, Spanduk, Stiker, Blanko, Seragam Kantor, Pengadaan Komputer, Maintenance.

Dan Kebutuhan Kantor lain nya.

Anda Pesan Besok kami Antar (Untuk daerah Surabaya dan Sekitarnya)

Hub : 0856 4999 8 555 / arianto.sam@gmail.com