Saturday 14 June 2008

Peningkatan Kemampuan Menulis deskripsi dengan Menggunakan Media Kolase

Peningkatan Kemampuan Menulis deskripsi dengan Menggunakan Media Kolase.

Menulis deskripsi lebih menekan pengungkapannya melalui rangkaian kata-kata. Untuk membuat deskripsi yang baik penulis mengadakan identifikasi terlebih dahulu. Dengan mengenal ciri-iri objek penulis dapat menggambarkan secara verbal objek yang ingin diperkenalkan kepada pembaca, misalnya “ orang ini berambut ikal dengan mata yang bulat, wajahnya agak lonjong,..” sehingga diperoleh gambaran yang bulat mengenai tokoh tersebut.

Menulis deskripsi dengan mengidentifikasi objek dengan tujuan para pembaca mengenal objek dan melihat objek yang didemonstrasikan. Dengan demikian pembaca walaupun tidak langsung berhadapan dengan objek atau barang yang diperkenalkan, pembaca dapat mengetahui objek itu melalui uraian atau perincian yang diberikan oleh penulis memlalui tulisannya. Karena yang digambarkan dengan kata-kata itu sama dengan kenyataan-kenyataan yang ada dan menjadi ciri objek itu.

Pemilihan media kolase sebagai alat bentu siswa adalah mengorganisasikan informasi yang ada pada gambar untuk menggambarkan objek-objek atau peristiwa yang terjadi sesuai dengan tampilan gambar.

Media kolase sebagai alat bantu siswa mengorganisasikan informasi, sehingga dapat menusun detai-detai dari setiap peristiwa dan situasi. Dengan kondisi yang demikian muncul kreativitas dalam mengembangkan kemampuan berpikir atau daya nalarnya melalui media tersebut. Pembelajaran dengan menggunakan media kolase dalam penulisan deskripsi diyakini pada dampak kegiatan belajar mengajar secara efektif artinya dapat mengatasi kesulitan guru dalam pembelajaran menulis yang memerlukan sejumlah potensi pendukung, kesungguhan kemauan keras untuk mendorong siswa lebih kreatif, aktif dan cerdas. Dengan demikian tercipta iklim budaya tulis-menulis dan belajar mengajar yag kondusif, efesien berarti pembahasan materi dapat selesai sesuai alokasi waktu. Dengan kreteria pemilihan media kolase yang disesuaikan dengan taraf berpikir siswa dapat bermanfaat bagi siswa selama pembelajaran berlangsing yaitu mempermudah menangkap makna yang terkandung dari peristiwa pada gambar. Dengan demikian siswa dapat mendeskripsikan objek-objek secara detail yang sesuai peristiwa objek yang ditonjolkan pada guntingan gambar yang dipadukan dan memperkaya penguasaan kosa kata.

No comments:

Hawk Advertising

Terima Pemesanan :

ID Card,Undangan, Shooting Video, Banner, Spanduk, Stiker, Blanko, Seragam Kantor, Pengadaan Komputer, Maintenance.

Dan Kebutuhan Kantor lain nya.

Anda Pesan Besok kami Antar (Untuk daerah Surabaya dan Sekitarnya)

Hub : 0856 4999 8 555 / arianto.sam@gmail.com