Friday 23 January 2009

Teknologi dan Pendidikan Anak Usia Dini

Teknologi dan Pendidikan Anak Usia Dini

Produk teknologi dimaksudkan untuk mempermudah kinerja manusia agar dapat hidup lebih nyaman. Produk teknologi banyak ragamnya, dari yang sederhana sampai yang rumit. Misalnya, televisi, radio, kompos gas, komputer, sepeda motor, mobil, kereta dan sebagainya. Semua itu diciptakan untuk mempermudah kinerja dan kenyamanan hidup manusia.

Pada era globalisasi ini, perkembangan teknologi sangat cepat. Berbagai produk dari negara lain masuk ke Indonesia, seperti mobil dan kendaraan bermotor dari Jepang dan cina sangat dominan dinegara kita. Begtu pula komputer dan barang elektronik lainnya seperti dari Amerika serikat, korea, dan eropa banyak digunakan dalam keseharian kita. Jika hal ini dibiarkan terus, negara kita tidak akan mampu mengembangkan teknologi sendiri dan terus menjadi konsumen produk teknologi dari negara lain. Oleh karena itu sejak dini anak-anak perlu diperkenalkan dengan berbagai produk teknologi untuk merangsang pikiran anak-anak dalam mengembangkan teknologi.

A. Teknologi

1. Pengertian Teknologi

Definisi teknologi dalam kamus umum Bahasa Indonesia yang disusun oleh W.J.S Poerwadarminta ialah ilmu teknik, pengetahuan tentang teknik.

2. Pengertian Produk Teknologi

Produk teknologi adalah hasil dari sebuah teknologi yang telah diciptakan.

3. Tujuan Teknologi

Teknologi dimaksudkan untuk mempermudah menuju manusia agar dapat hidup lebih nyaman. Hasil dari teknologi yang berupa produk dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran anak usia dini.

B. Pendidikan Anak Usia Dini

1. Pengertian pendidikan anak usia dini berdasarkan Undang-undang No. 20 Tahun 2003 bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak dapat memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

2. Tujuan PAUD

Menurut Dra. Nani Susilawati (Staf Pengajar FISIP USU), tujuan DAUD adalah membantu mengembangkan seluruh potensi dan kemampuan fisik, intelektual, emosional, moral dan agama secara optimal dalam lingkungan pendidikan yang kondusif, demokratis dan kompetitif.

3. Pentingnya PAUD

1). PAUD sebagai titik sentral strategi pembangunan sumber daya manusia dan sangat fundamental.

2). PAUD memegang peranan penting dan menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya, sebab merupakan pondasi dasar bagi kepribadian anak.

3). Merupakan masa Golden Age (usia keemasan). Dari perkembangan otak manusia, maka tahap perkembangan otak pada anak usia dini menempati posisi yang paling vital yakni 80 % perkembangan anak.

4). Cerminan diri untuk melihat keberhasilan anak dimasa mendatang. Anak yang mendapatkan layanan baik semenjak usia 0 – 6 tahun memiliki harapan lebih besar untuk meraih keberhasilan dimasa mendatang. Sebaliknya anak yang tidak mendapatkan pelayanan pendidikan yang memadai membutuhkan perjuangan yang cukup berat untuk mengembangkan hidup selanjutnya.

No comments:

Hawk Advertising

Terima Pemesanan :

ID Card,Undangan, Shooting Video, Banner, Spanduk, Stiker, Blanko, Seragam Kantor, Pengadaan Komputer, Maintenance.

Dan Kebutuhan Kantor lain nya.

Anda Pesan Besok kami Antar (Untuk daerah Surabaya dan Sekitarnya)

Hub : 0856 4999 8 555 / arianto.sam@gmail.com