Monday 26 January 2009

FLU BURUNG MENYERANG UNGGAS DAN MANUSIA

FLU BURUNG MENYERANG UNGGAS DAN MANUSIA

Flu burung atau yang sering disebut H5N1 adalah suatu virus yang disebabkan oleh virus influenza yang menyerang unngas atau manusia. salah satu tipe yang perlu diwaspadai dengan kode genetik H5N1.

Flu burung ini juga terjadi pada unggas dan manusia.akan tetapi virus ini dominan menyerang unggas. Yang menyebabkan wabah tingkat kematian yang tinggi (PATOGENIK). Cara penularan virus flu burung pada unggas melalui kotoran hewan secara oral atau melalui saluran pernafasan.flu burung ini dapat menyebar dengan cepat diantaranya populasi unggas dengan tingkat kematian yang tinggi.

Hewan yang terinfeksi virus flu burung ini akan mengeluarkan virus dengan melalui air liur atau (SALIVA), cairan hidung , dan kotoran. Gejala virus flu burung pada unggas yaitu: jengger berwarna biru, borok kaki, ayam kematian mendadak.masa inkubasi flu burung pada unggas yakni selama 1minggu.

Flu burung juga dapat mrnyerang manusia. Penyebab flu burung pada manusia dikarenakan adanya hubungan kontak langsung antara hewan dan manusia tanpa ada penghalang. Dan disarankan setelah memegang unggas diwajibkan agar kita selalu mencuci tangan. Cara penularan flu burung pada manusia melalui udara yang tercemar. Akan tetapi virus ini belum mempunyai bukti yang kuat untuk terjadinya penularan dari manusia ke manusia dan juga belum terbukti terjadinya penularan pada manusia melalui daging yang dikonsumsi. Orang yang resiko besar terserang flu burung ini adalah seorang pekerja perternakan unggas, penjual dan penjamah unggas. Karna besar kemungkinan telah ditelusuri penyebab terkena virus H5N1 ini karena kontak langsung dengan ayam yang terjangkit virus flu burung.

Gejala – gejala apabila terserang virus manusia memiliki keanehan pada dirinya yaitu ditandai dengan beberapa hal yaitu: bdan terasa panas dan suhu sangat tinggi terkadang suhu berubah – ubah. Badan terasa lemas semua alat gerak tidak bisa digerakkan lagi badan terasa gemetar. Dan masa inkubasi antara 27 hari – 1 bulan.

Oleh karena itu sebagai masyarakat yang cinta akan kebersihan diri dan hewan ternaknya dan ingin dijauhkan dari virus mematikan ini sebaiknya sering – sering membersihkan kandang ayam dan sesering mungkkin memberikan vaksin terhadap hewan tersebut dan apabila menemui keganjalan terhadap hewan tersebut segeralah melaporkan kepada petugas kesehatan terdekat kalau ternyata hewan ternaknya tiba – tiba mati.

Dan bagaimana upaya pemerintah apabila masyarakatnyan ada yang terkena virus mematikan ini dan ternyata tiba – tiba ada unggas yang mati mendadak? untuk saat ini pemerintah sudah mengupayakan untuk selalu memberikan bantuan kepada masyarakat. Akan tetapi bantuan yang diberikan pemerintah untuk masyarakat belum maksimal 100% sempurna. Untuk menghindari hal seperti itu sebagai seorang pemerintah yang peduli akan kesehatan masyarakat sebaiknya pemerintah sering memberikan penyuluhan atau pemerintah harus terjun langsung didaerah tersebut.

Pemerintah juga ikut berpartisipasi agar masyarakat juga lebih bersemangat untuk membersihkan hewan ternak mereka, selalu membersihkan kandang hewan dan selalu memberikan vaksi secara rutin. Dan apabila itu terjadi kepada masyarakat yang kurang mampu maka pemerinatah juga akan memberikan bantuan subsidi berupa bebas biaya rumah sakit dan juaga memberikan bantuan obat – obatan secara gratis. Akan tetapi sebagian besar masyarakat telah mensia – siakan hal seperti itu.

Oleh sebab itu agar terhindar dari virus mematikan tersebut kita harus memulai menjaga diri kita sendiri dan lingkungan sekitar. Karna kalau bukan dimulai dari diri kita yang menjaga terus siapa lagi dan srbagai seorang generasi penerus. Kita harus lebih hati – hati dan kita juga harus selalu mengutamakan kebersihan. Karna pepatah juga bilang sebaiknya seseorang itu harus memiliki semangat dan selalu berfikir untuk selalu lebih maju. Dan sebagai seorang yang cinta akan kebersihan kita harus selalu memiliki semangat yang optimis “agar seseorang itu sebaikny mencegah dari pada mengobati”. Agar hidup lebih berarti dan lebih baik untuk kelangsungan hiup agar mencapai kesejahtaraan dalam seagala hal.khususnya dalam hal menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain.

No comments:

Hawk Advertising

Terima Pemesanan :

ID Card,Undangan, Shooting Video, Banner, Spanduk, Stiker, Blanko, Seragam Kantor, Pengadaan Komputer, Maintenance.

Dan Kebutuhan Kantor lain nya.

Anda Pesan Besok kami Antar (Untuk daerah Surabaya dan Sekitarnya)

Hub : 0856 4999 8 555 / arianto.sam@gmail.com