Thursday 17 July 2008

Pembuatan Kertas Kerja Perusahaan Dagang

PEMBUATAN KERTAS KERJA PERUSAHAAN DAGANG

1. Pengertian Kertas Kerja

Kertas kerja adalah merupakan alat / konsep yang diperlukan untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan. kertas kerja ini biasanya disusun dalam bentuk 10 kolom. Dengan kertas kerja kita dapat mengetahui R/L bersih dan posisi keuangan pada akhir periode.

2. Langkah-langkah Penyusunan Kertas Kerja Perusahaan Dagang (bentuk 10 kolom)

Dalam kertas kerja 10 kolom ada 5 langkah penyelesaian kertas kerja yaitu :

a. Kolom Neraca Saldo / Neraca Sisa / Daftar Sisa

Menunjukkan saldo sementara diambil dari buku besar utama, sehingga kolom debet dan kredit jumlahnya harus sama.

b. Kolom Penyesuaian

Tujuannya agar dapat menetapkan harta, utang, modal, pendapatan dan beban dengan mencerminkan jumlah yang sebenarnya.

c. Kolom Neraca Saldo disesuaikan

Menetapkan saldo dari masing-masing akun setelah adanya penyesuaian, dengan cara jika saldo akun dipengaruhi oleh pos dalam kolom penyesuaian, maka jumlah di Neraca Saldo disesuaikan di kurangi atau ditambah dengan jumlah dikolom penyesuaian.

kecuali untuk akun ikhtisar R/L jumlah yang ditulis di Neraca Saldo disesuaikan ditulis tetap, baik debet dan kredit.

tiap kolom debet dan kredit dijumlahkan dan jumlahnya harus sama.

d. Kolom Rugi / Laba

Kolom ini digunakan untuk menunjukkan jumlah yang akan dilaporkan dalam laporan R/L, berarti akun-akun yang jumlahnya masuk dalam kolom R/L adalah akun R/L atau akun nominal.

Misalnya : Penjualan, return penjualan, Penjualan, pembelian, return pembelian dan potongan harga (PH), potongan pembelian, pendapatan dan beban, Ikhtisar R/L.

Jumlah dari akun-akun tersebut dipindahkan dari Neraca saldo disesuaikan ke kolom R/L. sedangkan untuk akun ikhtisar R/L dipindahkan tetap, baik debet maupun kredit. hal ini dimaksudkan agar mudah dalam menyusun laporan laba-rugi, yang mana selisih disebelah kredit merupakan / menunjukkan saldo rugi artinya Jika jumlah kredit lebih kecil dari jkumlah Debet, yang nantinya dipindahkan kekolom neraca sebelah debet dan jika jumlah kredit lebih besar dari jumlah debet diperoleh selisih / saldo laba/rugi bersih yang ditulis kolom R/L sebelah debet dan nantinya dipindahkan kekolom neraca sebelah kredit.

e. Kolom Neraca

kolom ini digunakan untuk menunjukkan jumlah-jumlah yang akan dilaporkan dalam Neraca Akun-akun yang dilaporkan di neraca adalah akun neraca / akun riil, misalnya harta, utang / kewajiban, modal.

akun-akun yang tergolong harta, utang, modal tersebut dipindahkan dari neraca saldo disesuaikan kekolom neraca setelah akun-akun tersebut dipindahkan ke neraca.

Akun Ikhtisar Laba – Rugi :

· Adalah akun perantara untuk menampung saldo-saldo atau menutup akun-akun pendapatan dan beban serta akun persediaan barang dagang, sebelum akhirnya dipindahkan ke akun modal atau laba ditahan (atas laba / rugi)

· Akun ikhtisar laba-rugi pada kertas kerja tidak perlu diselisikan pada lajur penyesuaian, lajur neraca saldo disesuaikan dan lajur laporan laba rugi, karena :

1) Bila nilai persediaan barang dagang awal telah dipindahkan ke akun ikhtisar laba rugi melalui ayat jurnal penyesuaian, berarti persediaan barang dagang tersebut sudah tidak ada. nilai persediaan barang dagang berubah dari harta ke beban (berupa harga pokok penjualan). sebaliknya nilai persediaan barang dagang akhir melalui ayat jurnal penyesuaian, pemindahan ke akun ikhtisar laba rugi merupakan pengakuan atas harta yang nilainya masih mengandung laba.

2) pada buku besar, akun ikhtisar laba rugi bersifat menampung seluruh akun nominal dan akun persediaan barang dagang. jika akun ikhtisar laba rugi telah disesuaikan melalui ayat jurnal penyesuaian, maka akun ikhtisar laba rugi tidak perlu diselisihkan tetapi jika seluruh saldo akun nominal (berupa pendapatan dan beban) telah dipindahkan ke akun ikhtisar laba rugi melalui ayat jurnal penutup maka kita harus mencari selisih debet dan kredit akun ikhtisar laba rugi atau lajur laporan laba rugi pada kertas kerja.

selisih atau saldo dipindahkan ke akun modal atau laba ditahan, dan pada kerta kerja, saldo tersebut harus kita pindahkan ke lajur neraca.

No comments:

Hawk Advertising

Terima Pemesanan :

ID Card,Undangan, Shooting Video, Banner, Spanduk, Stiker, Blanko, Seragam Kantor, Pengadaan Komputer, Maintenance.

Dan Kebutuhan Kantor lain nya.

Anda Pesan Besok kami Antar (Untuk daerah Surabaya dan Sekitarnya)

Hub : 0856 4999 8 555 / arianto.sam@gmail.com