Thursday 7 August 2008

Manfaat Air Kelapa



Manfaat Air Kelapa

Air kelapa diasumsikan sebagai limbah atau hanya sekedar sebagai air segar pengusir dahaga. Padahal air kelapa memiliki khasiat dan nilai gizi. Banyak sekali manfaat air kelapa bila diolah dan dikemas dengan baik. Komponen utama air kelapa adalah air, kalium, sejumlah kecil karbohidrat, protein dan garam mineral.

Kandungan mineral alami dan protein di dalam air kelapa sangat baik untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tubuh. Secara alami, air kelapa sudah memiliki komposisi mineral dan gula yang sempurna sehingga memiliki kesetimbangan elektrolit yang sempurna pula, sama halnya dengan cairan yang terdapat dalam tubuh manusia. Itu sebabnya mengapa air kelapa dapat digunakan sebagai cairan pengganti infus. Mengingat komposisi mineral yang dikandungnya, air kelapa memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai minuman isotonik alami.

Selain itu, air kelapa juga kaya dengan mineral seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium, besi, dan tembaga. Tidak ketinggalan vitamin. Ada vitamin C dan 7 macam vitamin B yaitu nikotinik, asam pantotenat, biotin, riboflavin (B2), asam folat, tiamin (B1), dan piridoksin (B6). Air kelapa mempunyai sifat seimbang (isotonis) dan kaya dengan elektrolit. Karenanya, sangat baik diminum ketika tubuh kekurangan elektrolit, misal setelah aktifitas atau olah raga berat.

Air kelapa mempunyai beragam manfaat:

  1. FAO (Food and Agriculture Organization) merekomendasikan air kelapa sebagai minum energi alami.
  2. Pada kasus dehidrasi, misalnya diare, air kelapa dapat digunakan sebagai cairan pengganti seperti layaknya oralit.
  3. Banyak yang mengatakan bahwa air kelapa dapat berfungsi sebagai penawar racun, walaupun literatur ilmiah yang mendukung pernyataan ini sangat sulit dicari (belum ketemu).

No comments:

Hawk Advertising

Terima Pemesanan :

ID Card,Undangan, Shooting Video, Banner, Spanduk, Stiker, Blanko, Seragam Kantor, Pengadaan Komputer, Maintenance.

Dan Kebutuhan Kantor lain nya.

Anda Pesan Besok kami Antar (Untuk daerah Surabaya dan Sekitarnya)

Hub : 0856 4999 8 555 / arianto.sam@gmail.com