E-MAIL (ELECTRONIC MAIL)
E-mail (electronic mail) nerupakan suatu proses dan cara pingiriman pesan atau gambar melalui internet. Yang kita lakukan apabila kita berkomunikasi menggunakan e-mail adalah mengetikkan pesan yang akan kita kirim pada program koputer yang dikhususkan untuk keperluan ini misalnya outlook express, yahoo mail, atau yang lainnya
Cara Kerja E-mail
Pada dasarnya e-mail sama dengan
Variasi bentuk komunikasi dengan e-mail
Dalam beberapa hal e-mail memang meniru snail mail, meskipun jelas e-mail memiliki banyak kelebihan lain. Ini terlihat jelas pada kemungkinan bentuk komunikasi yang bisa dilakukan dengan
e-mail.
Ø Point to Point
Maksudnya adalah mengirimkan e-mail langsung ke sebuah alamat tertentu. Di Indonesia terdapat kesepakatan di antara mereka yang sering berkirim e-mail bahwa cara ini dinamakan japri, singkatan dari jalur pribadi.
Ø Carbon Copy/CC
Pengertian carbon, di sini analog dengan apabila kita mengetik
Ø Blind Carbon Copy/BCC
Ini adalah variasi dari CC. Orang yang menerima e-mail. yang alamatnya idituliskan pada bagian "TO" oleh si pengirim, dapat melihat kepada siapa atau kepada alamat e-mail mana saja e-mail tersebut dikirimkan sebagai tembusan. Ini karena is dapat langsung melihat pada bagian "CC".
Kadang-kadang ada kebutuhan untuk mengirimkan sebuah e-mail kepada seseorang tetapi kita tidak ingin orang tersebut tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain. Untuk itulah digunakan BCC. Beberapa e-mail client rnenyediakan bagian "BCC", selain "TO" dan "CC". Pada Outlook Express versi 5.01 bagian BCC baru dapat tampak apabila kita masuk ke sebuah e-mail baru dan mengklik pilihan view dan all headers.
Ø Distribution List
Distribution list adalah sebuah cara komunikasi dengan menggunakan e-mail secara satu arah.
Biasanya ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan informasi tertentu
(pengumuman, berita harian, update mengenai perkembangan suatu proyek, buletin, jurnal, dan
sebagainya), akan tetapi tidak mengharapkan adanya respon dari para penerima e-mailnya.. Untuk itu yang harus dilakukan adalah membuat sebuah alamat tertentu khusus untuk keperluan ini. Apabila pengelola distribution list mengirimkan sebuah e-mail ke alamat tersebut, maka alamat itu akan mem-forward e-mail tadi ke semua alamat e-mail yang menjadi pelanggan (subscriber) dari distribution list.
Untuk menjadi pelanggan, biasanya para calon pelanggan diminta untuk mengikuti prosedur tertentu yang ditetapkan oleh si pengelola. Dapat pula si pengelola yang memasukkan alamat e-mail mereka ke database pelanggan secara manual.
Ø Discussion List
Discussion list seringkali juga disebut mailing list atau Iebih populer dengan milis. Pengertiannya hampir sama dengan distribution list hanya memungkinkan siapa saja yang tergabung menjadi subscriber untuk mengirimkan respon terhadap sebuah e-mail. Akan tetapi belum tentu semua
orang dapat begitu saja mengikuti sebuah mills. Kadang-kadang ada milis untuk kalangan yangterbatas, sementara banyak yang terbuka untuk siapa saja.
Untuk dapat bergabung ke dalam sebuah milis pertama-tama seseorang rnesti melakukan proses subscription (mendaftar) dengan suatu prosedur tertentu. Seringkali proses ini tidak memerlukan intervensi seorang administrator yang mengelola milis, baik untuk menyetujui atau menolak permohonan menjadi anggota milis. Milis yang seperti itu tentu adalah sebuah milis yang terbuka bagi siapa saja untuk bergabung.
No comments:
Post a Comment