Sunday 15 June 2008

Pengertian E-mail

E-MAIL (ELECTRONIC MAIL)

E-mail (electronic mail) nerupakan suatu proses dan cara pingiriman pesan atau gambar melalui internet. Yang kita lakukan apabila kita berkomunikasi menggunakan e-mail adalah mengetikkan pesan yang akan kita kirim pada program koputer yang dikhususkan untuk keperluan ini misalnya outlook express, yahoo mail, atau yang lainnya

Cara Kerja E-mail

Pada dasarnya e-mail sama dengan surat biasa (snail mail) yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai ketujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang melalui komputer yang tersambung ke internet sebuah e-mail masuk kebebrapa komputer lain disepanjang jaringan internet yang disebut dengan mail server. Ketika e-mail tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan (seperti yang ditunjuk pada alamat e-mail kepada siapa kita menulis e-mail tersebut disimpan pada sebuah e-mailbox. Si pemilik alamat e-mail baru bisa mendapatkan e-mail itu kalau yang bersangkutan mengecek e-mailbox-ya.

Variasi bentuk komunikasi dengan e-mail

Dalam beberapa hal e-mail memang meniru snail mail, meskipun jelas e-mail memiliki banyak kelebihan lain. Ini terlihat jelas pada kemungkinan bentuk komunikasi yang bisa dilakukan dengan

e-mail.

Ø Point to Point

Maksudnya adalah mengirimkan e-mail langsung ke sebuah alamat tertentu. Di Indonesia terdapat kesepakatan di antara mereka yang sering berkirim e-mail bahwa cara ini dinamakan japri, singkatan dari jalur pribadi.

Ø Carbon Copy/CC

Pengertian carbon, di sini analog dengan apabila kita mengetik surat (dengan mesin tikkonvensional) menggunakan kertas karbon untuk mendapatkan salinannya. Maksudnya adalah sebuah e-mail, selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke alamat lain. Biasanya alamat utama kita tuliskan pada bagian yang diawali dengan "TO", sedangkan alamat tembusannya kita tuliskan pada bagian "CC".

Ø Blind Carbon Copy/BCC

Ini adalah variasi dari CC. Orang yang menerima e-mail. yang alamatnya idituliskan pada bagian "TO" oleh si pengirim, dapat melihat kepada siapa atau kepada alamat e-mail mana saja e-mail tersebut dikirimkan sebagai tembusan. Ini karena is dapat langsung melihat pada bagian "CC".

Kadang-kadang ada kebutuhan untuk mengirimkan sebuah e-mail kepada seseorang tetapi kita tidak ingin orang tersebut tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain. Untuk itulah digunakan BCC. Beberapa e-mail client rnenyediakan bagian "BCC", selain "TO" dan "CC". Pada Outlook Express versi 5.01 bagian BCC baru dapat tampak apabila kita masuk ke sebuah e-mail baru dan mengklik pilihan view dan all headers.

Ø Distribution List

Distribution list adalah sebuah cara komunikasi dengan menggunakan e-mail secara satu arah.

Biasanya ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan informasi tertentu

(pengumuman, berita harian, update mengenai perkembangan suatu proyek, buletin, jurnal, dan

sebagainya), akan tetapi tidak mengharapkan adanya respon dari para penerima e-mailnya.. Untuk itu yang harus dilakukan adalah membuat sebuah alamat tertentu khusus untuk keperluan ini. Apabila pengelola distribution list mengirimkan sebuah e-mail ke alamat tersebut, maka alamat itu akan mem-forward e-mail tadi ke semua alamat e-mail yang menjadi pelanggan (subscriber) dari distribution list.

Untuk menjadi pelanggan, biasanya para calon pelanggan diminta untuk mengikuti prosedur tertentu yang ditetapkan oleh si pengelola. Dapat pula si pengelola yang memasukkan alamat e-mail mereka ke database pelanggan secara manual.

Ø Discussion List

Discussion list seringkali juga disebut mailing list atau Iebih populer dengan milis. Pengertiannya hampir sama dengan distribution list hanya memungkinkan siapa saja yang tergabung menjadi subscriber untuk mengirimkan respon terhadap sebuah e-mail. Akan tetapi belum tentu semua

Text Box:  orang dapat begitu saja mengikuti sebuah mills. Kadang-kadang ada milis untuk kalangan yangterbatas, sementara banyak yang terbuka untuk siapa saja.

Untuk dapat bergabung ke dalam sebuah milis pertama-tama seseorang rnesti melakukan proses subscription (mendaftar) dengan suatu prosedur tertentu. Seringkali proses ini tidak memerlukan intervensi seorang administrator yang mengelola milis, baik untuk menyetujui atau menolak permohonan menjadi anggota milis. Milis yang seperti itu tentu adalah sebuah milis yang terbuka bagi siapa saja untuk bergabung.

No comments:

Hawk Advertising

Terima Pemesanan :

ID Card,Undangan, Shooting Video, Banner, Spanduk, Stiker, Blanko, Seragam Kantor, Pengadaan Komputer, Maintenance.

Dan Kebutuhan Kantor lain nya.

Anda Pesan Besok kami Antar (Untuk daerah Surabaya dan Sekitarnya)

Hub : 0856 4999 8 555 / arianto.sam@gmail.com