Friday 20 June 2008

Pengertian Well - Groomed

WELL – GROOMED

Pengertian Well Groomed

Istilah wel – groomed berasal dari istilah bahasa Inggris, yaitu dari kata to groom yang berarti memelihara, sedangkan well berarti baik. Jadi well – groomed berarti terpelihara dengan baik. Seseorang memperoleh julukan well – groom apabila rambutnya tersisir dan berpotongan rapi, berpakaian rapid an bersih, luwes, sedap dipandang serta menarik.

Seseorang yang mengenakan pakaian yang mahal dengan perlengkapan pakaian (tas, topi, asesoris dan sebagainya) serba mewah tidak dapat dikatakan well – groomed apabila tidak dapat merawat atau memelihara apa yang dinekan itu dengan baik.

Jangan lupa pula bahwa kadang seseorang dapat dinilai bagaimana kepirbadiannya. Lingkungannya dan taraf pendidikannya.

Ciri-ciri Well – Groomed terdiri dari :

  1. Rapi
  2. Cantik dan menarik
  3. Harmonis dan serasi
  4. Luwes

Syarat-syarat Pencapaian Well – Groomed

Supaya mencapai sikap well-groomed, maka orang harus memiliki ciri0ciri dan syarat-syarat well – groomed. Ada beberapa syarat yang diperlukan antara lain :

a. Perlu mengetahui tentang tata busana secukupnya yaitu :

- Potongan / guntingannya, warna / corak. Cara memakai, waktu / kesempatan, tempat dimana pakaian itu harus dipakai, dan sebagainya.

b. Perlu menyadari keadaan dirinya

- Besar atau kecil, pendek atau tinggi, berkulit kuning atau hitam, dan sebagainya.

c. Perlu mengetahui tentang tata pergaulan, cara bercakap- cakap di rumah atau dengan orang lain, di tempat resepsi, di pasar, di gedung bioskop dan sebagainya. Juga harus tahu dengan siapa kita bercakap-cakap serta apa yang menjadi topic pembicaraannya.

d. Perlu membaca buku atau majalah yang berisi tentang tata busana, tata boga, (makanan), tata graham (kerumah – tanggaan), tata pergaulan, tentang ajaran agama, kesusilaanm, dan sebagainya.

e. Selalu menghormati dan memahami pendapat orang lain, tidak ragu-ragu mengakui kesalahan dan sebagainya.

f. Perlu membiasakan diri memperhatikan hal-hal yang baik dan berusaha untuk melakukannya.

g. Perlu membiasakan diri melakukan apapun dengan selalu memenuhi rasa keindahan, sesuai dengan adapt istiadat dan rasa kesusilaan yang tinggi.

Setelah diuraikan tentang cirri-ciri dan syarat-syarat untuk mencapai well – groomed, maka dapat disimpulkan bahwa : seseorang yang dikatakan bersikap well – groomed tidaknya hanya dilihat dari penampilan dan pakaian yang dikenakan saja, tetapi tingkah laku dan kata-kata yang bersangkutan selalu menarik orang lain. Meski bebas tingkah lakunya. Banyak kata-katanya, namun kewibawaan tetap dimilikinya.

No comments:

Hawk Advertising

Terima Pemesanan :

ID Card,Undangan, Shooting Video, Banner, Spanduk, Stiker, Blanko, Seragam Kantor, Pengadaan Komputer, Maintenance.

Dan Kebutuhan Kantor lain nya.

Anda Pesan Besok kami Antar (Untuk daerah Surabaya dan Sekitarnya)

Hub : 0856 4999 8 555 / arianto.sam@gmail.com