Wednesday 25 June 2008

Mengidentifikasi dan Menganalisa Pesaing

Mengidentifikasi Pesaing
PT. Asahimas Group ini harus mengetahui jenis barang-barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan yang menghasilkan produk yang sama dengan produk kita dengan jumlah yang terus-menerus. PT. Asahimas Group ini adalah perusahaan kaca yang bersaing dalam suatu perusahaan yang terdiri dari : PT. Asahimas Group Indonesia, Thailad Asai Glass, Asai Of China. PT. Asahimas Group ini bersaing dengan PT. Mulia Glas, tetapi PT. Asahimas ini lebih banyak mengekspor produk-produknya ke Amerika. Perusahaan ini harus mempersiapkan strategi pemasarannya yang efektif dan harus memperhatikan para pesaingnya seperti pelanggan yang actual dan potensial, karena penjualan hanya dapat dicapai dengan memenangkan pelanggan dan pesaingnya. Dahulu PT. Asahimas Group ini bersaing dengan PT. Tensindo Semarang, lama kelamaan PT. Tensindo semarang produksinya semakin menurun dan kekurangan modal akhirnya PT. Tensindo semarang ini sahamnya dibeli oleh PT. Asahimas Group.

Menganalisa Pesaing
PT. Asahimas Group menganalisis pesaingnya dengan cara mencari data market terutama harga, kualitas, jenis barang-barang yang dipasarkan terutama data dari bursa efek, bila perusahaan tersebut tercatat di bursa efek PT. Asahimas Group harus mengetahui strategi pesaing, tujuan pesaing, kekuatan dan kelemahan pesaingnya. Strategi pesaing adalah jika perusahaan itu sukses memasuki salah satu kelompok anggota dari kelompok tersebut yang menjadi kunci pesaing dan perusahaan harus masuk dengan beberapa keuntungan terhadap pesaing jika berharap untuk sukses. Tujuan pesaing dibentuk dari beberapa hal yang dihadapi sekarang ini. Perusahaan harus mempelajari kekuatan dan kelemahan pesaing mereka melalui data sekunder, pengalaman pribadi agar perusahaan bisa memperbaiki kembali strateginya untuk mengambil keuntungan dari keterbatasan pesaing.

Menyeleksi Pesaing
Perusahaan akan mengcover jumlah penjualan masing-masing perusahaan dari tahun ke tahun sehingga dapat dengan mudah menentukan pesaing yang menjadi ancaman perusahan PT. Asahimas Group dapat membeli produk pesaing dan melihat bagian-bagiannya untuk menentukan biaya produksinya bahkan juga metode pembuatannya. Setiap perusahaan membutuhkan informasi yang lebih terperinci lagi tentang kualitas produk pesaing. Penampilan dan bauran pesaingnya.

Memperluas Pasar Total Dan Mempertahankan Pasar
PT. Asahimas Group akan menggandeng dealer-dealer lama dan tidak lupa kualitasnya di utamakan serta mencari inovasi produk baru. PT. Asahimas Group ini mengukur pangsa pasarnya dari penjualan yang didapat dari pasar yang relevan. Setiap harinya perusahaan kaca ini memproduksi 6000 konversikirs. Perusahaan ini produk-produknya tiap tahun terus mengalamni peningkatan, misalnya : peningkatan 200 konversikirs, 1 konversikirsnya = panjang 120 inch dan lebar 120 inch, 1 inch = 2,54. tidak terbayangkan lagi keuntungan yang diperoleh tiap tahunnya. PT. Asahimas Indonesia memproduksi kaca untuk DHFL stof shol untuk bangunan bangunan mewah dan memproduksi kaca PGFL untuk kaca mobil mewah kebanyakan diekspor ke Amerika. Sedangkan perusahaan yang di luar negeri antara lain di Thailand yaitu Thailand Asai Glas yang menghasilkan produk LNEN untuk kaca mobil, di China yaitu Asai Of China menghasilkan produk untuk kaca rumah tangga.

Menyeimbangkan Orientasi Ke Pelanggan Dan Orientasi Ke Pesaing
Perusahaan menganggap pelayanan sebagai raja sehingga kepentingan / keluhan dari pelanggan harus diperhatikan dengan pesaing / perusahaan lain perlu kerja sama yang baik sehingga bisa saling menghargai produk masing-masing akhirnya timbul persaingan secara sehat. Perusahaan yang berpusat pada pelanggan lebih banyak berfokus perkembangan pelanggan dalam membentuk strategi, sedangkan perusahaan yang berpusat pada pesaing adalah menetapkan tindakannya berdasarkan pada tindakan pesaing. Oleh karena itu perusahaan tidak boleh memperhatikan salah satu pihak, maka perusahaan harus bisa menyeimbangkan antara orientasi pelanggan darn orientasi pesaing. Perusahaan yang menyeimbangkan orientasi ke pelanggan dan pesaing adalah perusahaan yang telah mempraktekkan orientasi pasar yang sebenarnya.

No comments:

Hawk Advertising

Terima Pemesanan :

ID Card,Undangan, Shooting Video, Banner, Spanduk, Stiker, Blanko, Seragam Kantor, Pengadaan Komputer, Maintenance.

Dan Kebutuhan Kantor lain nya.

Anda Pesan Besok kami Antar (Untuk daerah Surabaya dan Sekitarnya)

Hub : 0856 4999 8 555 / arianto.sam@gmail.com