Wednesday 18 June 2008

Limbah Rumah Tangga

A. Pengertian dari pada limbah

Pada dasarnya makhluk hidup menempati lingkungan yang ada disekitarnya yang disesuaikan dengan tempat hidupnya, tetapi kebanyakan lingkungan yang mereka tempati mereka sendiri merusakanya, mungkin tidak secara langsung tetapi dengan tindakan yang mereka lakukan mereka telah merusak, misalnya :

1. Penggunaan bahan bakar yang berlebihan, pendirian pabrik-pabrik dan penggunaan kendaraan-kendaraan angkutan banyak memerlukan bahan bakar, sisa-sisa bahan bakar dapat menimbulkan pencemaran udara yang sangat mengganggu kesehatan.

2. Perburuhan terhadap hewan-hewan liar dihutan. Perburuan hewan-hewan liar merupakan salah satu tindakan manusia yang dapat merusak keseimbangan alam. Masih banyak juga tindakan manusia yang dapat merusak keseimbangan alam, seperti maracun ikan, karang-karang dipantai, dan sebagainya.

Dari sedikit keterangan diatas, limbah dapat diartikan sebagai bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak ada harganya dan juga limbah yang pada lingkungan kita disebabkan oleh beberapa cara seperti diatas. Selain itu limbah-limbah yang ada juga dapat merusak lingkungan hidup tempat tinggal kita.

B. Macam-Macam Limbah

Berdasarkan asalnya, limbah padat dapat digolongkan sebagai :

1. Limbah organik

2. Limbah anorganik.

Pada dasarnya dari makalah ini kami akan menguraikan arti limbah organik dengan luas, salah satunya adalah limbah rumah tangga yang akan kami uraikan.

Limbah rumah tangga sebagian besar merupakan bahan organik, misalnya dari dapur, sisa tepung, sayuran, kulit buah dan daun. Selain itu limbah rumah tangga yang ada akan menyebabkan terjadinya pencemaran, terutama libah ini berpengaruh pada pencemaran air karena dalam limbah rumah tangga mengandung berbagai zat kimia yang jumlah dan macamnya banyak sekali. Seperti zat-zat organik baik yang larut , misalnya : detergen, sabun, zat warna, asam, basa, dll.

Oleh sebab itu banyak manusia yang mengeluh akibat limbah rumah tangga. Padahal mereka tidak menyadari kalau timbulnya limbah ini disebabkan oleh mereka sendiri. Limbah rumah tangga sangat berpengaruh bagi perairan / sungai-sungai yang ada disekitar tempat tinggal kita. Karena adanya limbah ini, kadang terjadi pencemaran air di sungai-sungai sekitar rumah kami.

Disini mungkin masih ada air bersih walaupun sering terjadi pencemaran air, namun pada umumnya makhluk hidup yang tinggal di desa, mereka pada dasarnya sangat ketergantungan dengan air-air yang ada pada sungai-sungai sekitar dan karena limbah rumah tangga kadang harus mengalami gangguan kesehatan. Oleh karena itu kita harus dapat menjaga dan memanfaatkan air yang ada, misalnya menjauhkan dan mencegah adanya limbah ini.

C. Efeknya Limbah Terhadap Manusia dan Lingkugan

Lokasi dan pengolahan limbah yang kurang memadai (pembuangan limbah yang tidak kontrol) merupakan tempat yang cocok bagi beberapa organisme yang manarik bagi berbagai binatang seperti lalat dan anjing yang daat menjangkit penyakit, misalnya bahaya kesehatan pada manusia seperti :

v Penyakit diare, tifus, bahkan demam berdarah karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolahan tidak tepat dapat bercampur air minum.

v Tetapi kadang juga limbah ini dapat diminum penyakit jamur.

Limbah rumah tangga selain membayangkan kesehatan manusia, limbah ini juga sangat berpengaruh terhadap kelestarian dan lingkungan yang ada di sekitar kita yaitu penggunaan sebun detergen untuk mencuci. Air cucian itu kemudian dibuang keselokan dan merembes ke air tanah, air selokan mengalir ke sungai dan seterusnya kelaut. Karena adanya limbah-limbah rumah tangga ini itu akan sangat membayangkan kelestarian lingkungan disekitar yang ada.

Penguraian limbah yang dibuang kedalam air akan menghasilkan asam organik dan gas cair. Selain itu gas ini sangat berbahaya kareba gas ini dapat meledak dan mengancam kelestarian lingkungan.

D. Usaha Penanggulangan Limbah

· Melarang pembuangan sampah-sampah rumah tangga keselkan (parit), sungai, danau dan laut, dan sampah itu harus dibuang pada tempat-tempat yang telah ditentukan.

· Setiap perusahaan minyak diwajibkan memiliki peralatan yang dapat membendung tumpukan minyak dan kemudian menyedot kembali, dengan demikian tumpukan minyak tidak akan melebar luas dan mengurangi adanya limbah rumah tangga.


No comments:

Hawk Advertising

Terima Pemesanan :

ID Card,Undangan, Shooting Video, Banner, Spanduk, Stiker, Blanko, Seragam Kantor, Pengadaan Komputer, Maintenance.

Dan Kebutuhan Kantor lain nya.

Anda Pesan Besok kami Antar (Untuk daerah Surabaya dan Sekitarnya)

Hub : 0856 4999 8 555 / arianto.sam@gmail.com